food terminologi #1-10

1. Cireng



cireng
sajiansedap.grid.id

Cireng adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah masuk kelas nasional. Nama makanan ini sebenarnya berasal dari singkatan aci goreng atau aci yang digoreng.
Dari nama tersebut, bisa dilihat bahwa bahan utama cireng adalah tepung aci. Selain itu, dari namanya, kita juga tahu bagaimana cara pembuatannya, yakni digoreng.
2.Hayam Bakakak


Hayam Bakakak
mediabogor.com

Nama makanan khas Jawa Barat ini memang cukup unik. Namun, sebenarnya olahan ini adalah ayam yang dimasak dengan cara dipanggang. Penamaan dengan bahasa Sunda saja yang membuat olahan ini tampak unik dan membingungkan. hayam bakakak sama dengan ayam panggang pada umumnya. Namun, apa yang membedakan makanan khas Jawa Barat ini dengan lainnya adalah bumbu khas Sunda yang diberikan.

3.Kerupuk Melarat



kerupuk melarat
www.indonesiakaya.com

Salah satu makanan khas Jawa Barat ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat. Memang, jika dilihat dari namanya, makanan khas ini memiliki nama yang unik dan cenderung kasihan karena arti melarat adalah miskin.
Kerupuk unik ini disebut melarat karena dibuat dengan bahan yang sangat sederhana, yakni tepung aci atau tapioka. Selain itu, untuk memasaknya, kerupuk ini tidak digoreng melainkan disangrai dengan pasir yang sudah dipanaskan. Hal inilah yang membuat makanan khas Jawa Barat ini disebut kerupuk melarat.

4.Sega Lengko



sega lengko
cookpad.com

Pilihan makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah sega lengko atau nasi lengko. Makanan khas ini dulunya banyak ditemukan di daerah Cirebon dan juga Indramayu. makanan khas Jawa Barat ini adalah campuran bahan yang digunakan. Nasi lengko dibuat dengan mencampurkan nasi putih dengan beberapa tambahan seperti tahu goreng, tempe goreng, mentimun, daun kucai, taoge, bawang goreng dan ditambahkan bumbu kacang serta kecap manis encer.

5.Cumi Hideung



cumi hideung
www.gotravelly.com

cumi hideung salah satu makanan khas Jawa Barat. Makanan khas ini mungkin belum terlalu populer dan masih sedikit orang yang tahu. Padahal, rasa olahan ini begitu nikmat dan menggugah selera. Seperti namanya, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan cumi. Hideung dalam bahasa Indonesia berarti hitam sehingga bisa dipahami bahwa masakan ini berasal dari cumi yang dimasak sekaligus dengan tintanya hingga terlihat hitam.

6.Karedok

karedok
www.primarasa.co.id
Karedok adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat. Makanan khas ini berisi sayur-sayuran mentah Secara sekilas, karedok mirip dengan gado-gado karena keduanya menggunakan sayuran dan disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

7.Empal Gentong

empal gentong
www.batiqa.com
Asal nama makanan khas Jawa Barat ini adalah adanya gentong yang digunakan untuk menampung kuah dari empal. Penggunaan gentong inilah yang menjadi awal penamaan menu empal gentong.

8.Surabi

surabi
m.republika.co.id
surabi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang biasanya dijual di pusat keramaian. ada dua jenis surabi yang dijajakan, yakni surabi manis dan asin. Surabi manis disajikan dengan tambahan kinca gula merah, di mana dibuat dengan campuran gula pasir, gula merah, santan dan pandan. Sedangkan surabi asin disajikan dengan tambahan sambal oncom yang khas di atasnya. Selain rasanya yang nikmat, kue surabi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga diburu masyarakat.

9.Gepuk

gepuk
style.tribunnews.com
Gepuk adalah makanan khas yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi. Dalam penyajiannya, gepuk memiliki rasa yang agak manis dan sangat gurih. hal ini tidak lepas dari cara memasak makanan khas Jawa Barat tersebut. Dalam proses memasaknya, daging sapi yang sudah diiris akan direbus setengah matang dan dipukul –atau di-gepuk, hingga seratnya hancur dan menjadi lembut.

10.Doclang

doclang
Doclang
Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar ketupat, tahu, kentang, telur dan disiram dengan bumbu kacang yang khas. Selain itu, ketupat yang digunakan juga merupakan ketupat khusus yang dibuat dengan daun patat sebagai pembungkusnya.
Secara sekilas mungkin makanan khas Jawa Barat ini tampak seperti batagor. Namun, rasa doclang cenderung lebih pedas daripada batagor. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver