daily activity #1 (indonesia ver)

Assalamualaikum... 
Pertama - tama saya ingin menyampaikan kepada semua bahwa ini pertama kalinya saya membuat blog hehe just info jadi mohon maaf apa bila ada kesalahan - kesalahan kecil, dan semoga isi dari blog yang saya buat ini  menjadi sangat bermanfaat untuk semua orang kedepannya. 

Pada tanggal 27 - Januari - 2020 tepatnya pada hari Senin merupakan Minggu pertama kami (kelas 2A) untuk memasuki Kitchen di semester II(dua) ini. Dikarena hari ini merupakan hari pertama kami, kami diberikan penjelasan dan ditugaskan untuk membuat BLOGGER, setelah itu kami melanjutkan one line di cold kitchen untuk melanjutkan pengabsenan dan materi yang di berikan langsung oleh sir alkiswan. materi yang diberikan adalah BREAKFAST, sebelum kita lanjut lebih jauh lagi saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu BREAKFAST. 

BREAKFAST adalah sarapan pagi. Berasal dari dua kata yaitu break dan fast, artinya ialah makan yang cepat. Yang dimaksud cepat adalah karena para pelanggan akan memulai aktivitasnya yaitu bekerja, sehingga breakfast dalam hal ini bukan untuk hang out, berbincang-bincang atau pun main kartu namun lebih di khususkan dalam mengisi energi untuk beraktivitas. Jenis-jenis breakfast banyak macamnya, tergantung dimana negara itu berasal. Namun yang umum disajikan dalam dunia perhotelan adalah sebagai berikut :


Jenis-jenis breakfast ada 4, yaitu :
  1. Continental Breakfast adalah breakfast yang terdiri dari Fresh Juice/Fruit, Bread or Pastry with preserved and Hot Beverage.
  2. English Breakfast adalah breakfast yang terdiri dari Fresh Juice/Fruit, Bread or Pastry with preserved, Cereal, Eggs Dishes or cold meat, and Hot Beverage.
  3. American Breakfast adalah breakfast yang terdiri dari Fresh Juice/Fruit, Bread or Pastry with preserved, Cereal, Eggs Dishes or hot meat, and Hot Beverage.
  4. Indonesia Breakfast adalah breakfast yang terdiri dari Fresh Juice/Fruit, Cereal, Eggs Dishes, Meat or Poultry, and Hot Beverage.
berikut adalah penjelasan tentang breakfast. 

tetapi pada hari itu kami dibagi menjadi 4 kelompok, dan kebetulan saya berada di kelompok II (dua). setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, kami disuruh prepare. saya dan teman kelompok saya di tugaskan untuk membuat soft roll, hard roll, twist bread, english muffin, dan muffin plain. sebelum lanjut lagi saya akan menjelaskan apa itu soft roll, hard roll, twist bread, english muffin, dan muffin plain.

- Soft roll adalah roti yang memiliki susunan remah yang sangat lembut. Jenis roti ini biasanya mempunyai kerak tipis, halus. Contohnya: egg twist bread, vlenna bread, fruit bread, sandwich, bun dan hamburger bread, brioche

- Hard roll adalah roti yang memiliki susunan remah yang sangat padat dan keras. Jenis roti ini biasanya mempunyai kerak tebal dan keras serta rasanya bersifat asam, contoh : French bread, wholemeal bread, bagels dan sour bread. 

- twist bread adalah jenis roti di mana adonan digulung menjadi bentuk kepang panjang.

- Muffin plain adalah roti kecil berbentuk bundar dengan rasa manis dan paling enak disajikan hangat. Kata muffin berasal dari kata ‘moufflet’ yang merupakan bahasa Perancis. Kata tersebut sering dipakai untuk roti dan makanan lembut lain yang dipanggang. Namun, sebenarnya asal muasal muffin bukanlah dari Prancis. Muffin sebenarnya adalah makanan khas Inggris dan Amerika.

- sedangkan, english muffin memiliki bentuk datar dan bagian dalam yang berongga. Muffin ala Inggris ditemukan oleh penduduk Welsh pada abad ke-10. Di abad pertengahan, adonan muffin dimasak dalam cetakan khusus berbentuk cincin yang ditempatkan langsung di atas kompor atau wajan.
Resep muffin Inggris mulai muncul media cetak pada awal abad ke 19. Di zaman Victoria, pemuda menjual muffin dengan gerobak khusus di jalanan dan membunyikan lonceng untuk menarik pembeli. Orang-orang akan bergegas membeli muffin dan menyantapnya saat sesi minum teh di sore hari. Kebiasaan tersebut menjadi inspirasi lagu Inggris berjudul ‘Here Comes the Muffin Man’.

berikut adalah penjelasan dari masing - masing produk yang saya dan kelompok saya prepare. dan kebetulan saya sendiri mem-prepare english muffin dan saya sendiri akan menjelaskan apa yang saya lakukan hari itu. pertama saya mengambil bahan sesuai recipe standart kampus, berikut adalah gambar dari bahan english muffin. 


berikut adalah bahannya:
- Hard Flour                     500g
- instant Yeast                      8gr
- Water                             375gr
- Salt                                    8gr
- Sugar                                 8gr
- Milk Powder                    12gr
- Shortening                       8gr

sedangkan cara membuatnya, pertama; campurkan semua bahan kering menjadi satu wadah kecuali garam, kenapa garam tidak diturunkan itu dikarenakan garam dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam yeast. lalu uleni adonan sampai kalis/elastis. 




setelah kalis diamkan/proving selama 10 - 15 menit sampai adonan mengembang. setelah adonan mengembang bentuk adonan menjadi bulat, seperti gambar dibawah. 

setelah adonan dibentuk diamkan/proving kembali adonan sampai mengembang, setelah adonan mengembang kembali, bungkus dengan plastik wrapped lalu taruh di kulkas semalaman. setelah saya Prepare selesai. kamipun disuruh untuk General Cleaning. setelah itu kami kembali one line  untuk pulang dan melanjutkan kegiatan keesokan harinya. 







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver