Daily Activity #2 (Indonesia Ver)

assalamualaikum... 

pada tanggal  28 januari 2020 tepatnya hari selasa merupakan hari kedua diminggu praktek kami (kelas 2A) dan pada hari ini kami disuruh kumpul pada saat jam 06;30 wita, setelah itu kami oneline untuk melakukan pengabsenan pagi dan pemeriksaan grooming, setelah itu saya dan teman - teman saya disuruh berkumpul kembali untuk diberikan langsung materi oleh sir faisal akbar zainal tentang MENU, apa itu menu? apa - apa saja yang ada dimenu?, sebelum saya lanjut saya akan menjelaskan apa itu MENU. 


berikut adalah penjelasan tentang menu:


Menu berasal dari bahasa Prancis “Le Menu” yang bebarti daftar makanan yang disajikan kepada tamu di ruang makan. Dalam lingkungan rumah tangga, menu diartikan sebagai susunan makanan/hidangan tertentu. Oleh orang Inggris menu disebut juga “Bill of Fare”. Menu adalah pedoman bagi yang menyiapkan makanan/hidangan, bahkan merupakan penuntun bagi mereka yang menikmatinya karena akan tergambar tentang apa dan bagaimana makanan tersebut dibuat. Menurut Pellapart seorang ahli gastronomi yang sangat terkenal, perkataan menu dikenal untuk pertama kalinya pada tahun 1541, ketika Dukeof Brunsick menuliskan segala sesuatunya yang akan dihidangkan dalam sebuah pesta yang dilaksanakannya.



menu juga berfungsi sebagai fungsi menu itu sangat tergantung pada yang menggunakan menu tersebut, sehingga dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Fungsi menu bagi perusahaan adalah :
a. Sebagai media komunikasi antara pihak tamu dengan pihak perusahaan dengan mencantumkan nama makanan dengan jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh tamu.
b.Sebagai media promosi dengan mencantumkan :
-Fasilitas yang ada di hotel, adalah semua fasilitas yang ada seperti : restaurant, tempat olah raga, tempat berenang dan rekreasi bisa dipromosikan baik berupa gambar maupun tulisan.
-Makanan daerah dan favorit dan special
-Mempromosikan perusahaan luar seperti : bir bintang, rokok, dan lain-lain.

2.Fungsi menu sebagai pedoman kerja bagi :
a.Dapur yaitu :
-Menentuksn bahan makanan yang diperlukan
-Menentukan jumlah alat
-Menentukan jumlah personalia
b.Restaurant yaitu :
-Menentukan table set-up
-Menentukan jumlah dan jenis alat makan (cutleries)
-Menentukan jumlah personalia
c.Steward yaitu :
-Menyiapkan alat-alat yang diperlukan seperti : cutleries, chapping, dish, platter dan lain-lain
d.Tamu yaitu :
-Sebagai alat atau media penuntun dalam menentukan pilihan
-Sebagai pedoman dalam kemampuan untuk membeli makanan 

menu juga memiliki beberapa jenis yaitu; 

- a'la carte menu 
daftar hidangan yang terdiri dari berbagai macam pilihan makanan dengan harga masing - masing.
- table D'hote menu/ set menu
daftar hidangan paket yang terdiri dari satu macam makanan dari appetizer - dessert dengan harga secara keseluruhan
- blue plate menu 
daftar hidangan yang terdiri dari satu paket makanan ditambahkan dengan satu pilihan soft drink dengan harga 
- special party menu 
pada hakekatnya adalah table d'hote menu, perbedaanya hanyalah pada tujuan menu tersebut. 
Special Party Menu ini dipergunakan hanya untuk perjamuan atau pesta khusus saja. 
- breakfast menu 
Breakfast menu adalah menu hidangan yang di konsumsi pada pagi hari,
hidangan breakfast biasanya di buka pada suatu restaurant atau hotel dari jam 7
sampai jam 11.

dan juga menu memiliki beberapa sifat yaitu;

-static menu 
penggantian menu dilakukan setiap 6 bulan sekali dan biasanya menu telah disusun dari berbagai macam pilihan, sehingga mampu bertahan sampai 6 bulan, bahkan lebih. 
contoh; Ala Carte Menu, Table D'hote Menu.
- cycle Menu 
perubahan dan penggantinya satu minggu sekali atau setiap hari berubah, dan biasanya hanya terdiri dari satu atau dua macam pilihan.  

tadi adalah beberapa penjelasan dari MENU, dan saya akan kembali menuliskan apa saja yang  saya dan teman saya lakukan di kitchen pada hari ini, setelah kami diberikan materi. kami disuruh oneline kembali di cold kitchen dan melanjutkan prepare kemarin untuk diselesaikan hari ini,  saya melanjutkan english muffin yang saya buat kemarin. dikeluarkan dari freezer lalu di pan, setelah itu kami men set-up produk yang kamu buat kemarin untuk di berikan ke restaurant. 
seperti gambar dibawah:

dan juga ada beberapa teman saya yang buat apple juice dan pinapple juice. 

setelah itu masing - masing (2 orang) setiap kelompok ditunjuk untuk membuat Croissant, udah tahu nggak croissant itu apa. saya akan jelaskan terlebi dahulu apa itu croissant 

Croissant adalah sejenis roti dengan adonan berlapis (flaky bread) yang berasal dari Perancis. Disebut croissant karena bentuknya yang mirip dengan bulan sabit. Di Perancis sendiri croissant biasa dimakan sebagai hidangan sarapan dengan diolesi mentega dan selai jeruk (orange marmalade). 

setelah itu senior kami (kak agung) showing dan menjelaskan step ke step proses pembuatan croissant. 
setelah showing, saya dan teman - teman yang lainnya diberikan tugas kembali untuk membuat produk yang kami buat kembali untuk memperbaiki kesalahan - kesalahan yang terjadi kemarin. 

hasil akhir dari croissant 

setelah kami membuat produk yang kemarin kami buat, kami diberikan menu untuk esok harinya dan kami disuruh prepare bahan yang akan digunakan, kebetulan kelompok saya mendapat menu Ayam taliwang dan acar. setelah kami prepare kamipun melakukan general cleaning dan pulang.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver