daily activity #5 (indonesian ver)

assalamualaikum.... 

halo semuanya, kembali lagi dengan saya hehe tak terasa suda seminggu berlalu, dan minggu ini saya kembali praktek di kitchen di minggu ke 2 (dua), hari ini 10 februari 2020, tepatnya pada hari senin, dimana hari yang biasanya digunakan untuk prepare bahan. minggu ini kami sedang memasuki materi menu rotasi. atau biasa juga disebut table d'hote yang dimana menu ini terdiri dari appetizer, soup, main course, dan dessert. sebelum lanjut saya akan menjelaskan terlebih dulu apa itu menu rotasi/menu table d'hote. 


Table d’hote Menu : Adalah suatu susunan hidangan lengkap ( complete meal ) dengan suatu harga yang pasti. Jumlah hidangan biasanya terbatas dan terdiri dari beberapa kelompok hidangan (courses). Untuk tetap menjaga kepuasan tamu, maka hotel biasanya mencantumkan beberapa makanan untuk masing – masing kelompok. Tamu dapat memilih satu makanan diantara kelompok tersebut, misalnya : pada kelompok pembuka ( appetizer ) tercantum 3 makanan, pada kelompok sop ( soup ) tercantum 3 jenis sop dan demikian juga pada kelompok yang lain.


product yang akan kami buat dari menu kali ini ada dibawah; 



Chicken Salad Hawaiian
*
Shrimp Bisque
*
Beef Stew 
Baked Of Potatoes
Zucchini Saute provencale 
*
Butter Yellow Cake 

dan untuk pengolahan kali ini kelompok saya mendapatkan product Shrimp Bisque yang dimana perannya dalam menu terebut adalah soup. apa itu shrimp bisque? 
Bisque adalah hidangan sup kental yang lembut, berkrim, dan kaya akan aroma rempah yang merupakan salah satu hidangan Prancis, yang secara tradisional dibuat menggunakan kaldu padat (coulis) dari Krustasea. Sup ini bisa dibuat menggunakan lobsterlangoustinekepitingudang, atau lobster air tawar. 

dimana saya dan kelompok saya membuat prepare-ran dari product yang saya buat yaitu membuat stock, tepatnya fish stock , setelah itu saya membuat french bread yang biasanya digunakan sebagai crouton. apa itu crouton? nama 'crouton' berasal dari bahasa Prancis artinya 'remah'. Istilah ini untuk menyebut potongan roti berbentuk dadu kecil yang dipanggang. Umumnya memang dibuat dari roti sisa kemarin.

Hampir semua jenis roti tawar enak dibuat crouton. Seperti roti tawar, brown breadbaquette atau jenis roti tawar lainnya. Kalau dulu potongan roti dadi kecil sekitar 1 cm. Kini tak ada batasan bisa dipotong ukuran sesuai selera. sekarang saya akan menjelaskan apa itu french bread dan bagaimana cara membuatnya. 

french Bread adalah roti Prancis, yang biasanya ukurannya panjang seperti gambar di atas. Biasa dikonsumsi sebagai pelengkap memakan sup, roti ini hanya diolesi dengan campuran butter dan garlic, kemudian ditaburi dengan cincangan peterseli kering, lalu dipanggang dan dikonsumsi bersama cream soup hangat.  cara membuatnya sebagai berikut:

bahan; 

- 1500gr terigu 
- 45gr yeast
- 15gr garam
- 750gr air 

cara membuat;

- campurkan semua bahan kering (terigu,yeast, dan garam) hingga rata.
- turunkan air secara perlahan.
- uleni adonan hingga kalis, setelah kalis proofing adonan selama 15 menit.


- setelah adonan di proofing, bentuk adonan menjadi panjang. lalu proving kembali selama 10 menit. setelah itu dibaked selama 20menit. lalu dibuat menjadi cruton.


setelah prepare selesai kamipun oneline dan melakukan general cleaning lalu pulang




Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver