food terminogi

1. Macedoine of Vegetables Mayonaise





Sejarawan mengatakan salad sudah ditemukan sejak abad 16 oleh bangsa Roma, mereka mengkonsumsi campuran sayuran dengan saus. Ribuan tahun yang lalu juga diketahui bangsa Babilonia menkonsumsi sayuran hijau dengan minyak dan cuka. Pada tahun 1699 ditemukan juga dalam bukunya, Acetaria: A Discourse on Sallets, John Evelyn berusaha dengan sedikit keberhasilan untuk mendorong rekan-rekan Britons makan salad sayuran segar. Dari berbagai fakta menurut sejarwan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejak zaman dahulu manusia sudah mengenal salad meskipun tidak disajikan seperti saat ini.
                Amerika Serikat mempopulerkan  salad di akhir abad 19 dan wilayah lain di dunia sepanjang paruh kedua abad ke-20. Dari Eropa dan Amerika ke Cina, Jepang, dan Australia, salad dijual secara komersial di supermarket bagi mereka yang tidak punya waktu untuk membuat salad buatan, di restoran (restoran seringkali akan memiliki "Salad Bar" ditata dengan salad pembuatan bahan yang akan digunakan pelanggan untuk menempatkan bersama salad mereka) dan di makanan cepat saji yang mengkhususkan diri dalam makanan kesehatan. 


2. Minestrone Soup



                Minestrone adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta. Minestrone adalah masakan Italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing.   Sejarahnya, kemungkinan sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai.Minestrone adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta. Minestrone adalah masakan Italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing.
Kemungkinan sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai. Masakan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat masakan sederhana namun bergizi dan mengenyangkan. Ada istilah tersendiri yang mengkategorikan masakan sederhana yang diciptakan di dapur rakyat, yaitu cucina provera atau masakan orang miskin. Walau begitu, orang Italia sangat mencintai minestrone sehingga di tiap-tiap rumah dan daerah, mereka menciptakan variasi yang sangat banyak. Di Italia, posisi sup ini dapat disejajarkan dengan pasta. Tidak ada resep yang baku untuk memasaknya, namun masyarakat Italia menggunakan bahan-bahan seadanya yang saat itu tersedia di dapur. Bahan isi minestrone berbeda-beda sepanjang tahun. Sup dapat berupa kaldu ayam kental isi sayuran yang direbus sebentar atau mungkin direbus lebih lama.

Sumber: http://id.dbpedia.org/page/Minestrone


3. Potato Au Gratin


Menu ini merupakan salah satu hidangan tradisional Perancis dari wilayah Dauphine yang terbuat dari irisan kentang mentah yang diiris tipis (setebal koin) yang dipadu dengan creambutter, keju dan bawang putih. Walaupun ada beberapa versi resep kuliner tradisional Perancis ini, namun pada dasarnya ada tiga kunci penting dalam proses pembuatannya yaitu irisan kentang, lapisan bawang putih dan pemanasan yang disesuaikan dengan tebal Gratin Dauphinois itu sendiri.
Sejarah menu ini berawal pada tanggal 12 Juli 1788, kala itu Gratin Dauphinois disajikan oleh Charles Henry, Duke of Clermont-Tonnerer dan Letnan Jenderal Dauphine untuk para pejabat kota Gap yang sekarang disebut dengan Department of Hautes Alpes. Gratin Dauphinois merupakan salah satu makanan full kalori yang cukup mengenyangkan. Namun demikian, penyajiannya dapat dilengkapi dengan pendamping lainnya, seperti ayam tumis mentega ataupun berbagai olahan daging lainnya.

4. Choux ala Crème




Choux Paste merupakan salah satu jenis pastry dengan karakteristik ringan namun volume besar dan dikembangkan dengan kuat (strongly leavened) dengan sel yang besar. Choux paste sering juga disebut kue sus yang didefinisikan sebagai kue yang bertekstur lembut dan kopong bagian dalamnya, sehingga dapat di isi dengan vla dengan aneka rasa. Bahkan Sus saat ini tidak hanya diisi vla, akan tetapi juga di isi dengan berbagai macam filling seperti layaknya Sandwich. Jadi ada sus yang di isi ragout, bahkan di isi dengan lembaran smoked beef, keju lembaran, telur rebus yang diiris tipis, dan lain-lain. Ibaratnya, kulit sus diperlakukan sebagai roti tawar yang bebas di isi apa saja. Bahkan sus selain diisi sering juga dihias bagian atasnya khususnya sus bentuk panjang.
Adonan pastry jenis ini berbeda dengan jenis lainnya karena proses pematangan tepung dan telur telah dilakukan sebelum proses pemanggangan. Choux paste ada dua bentuk yaitu eclairs (bentuknya lonjong) dan cream puff (bentuknya bundar).
clairs dan cream puff dibuat dari adonan yang dinamakan éclair paste (adonan éclair) atau choux paste (adonan sus). Nama Perancis adalah pate a choux (yang berarti adonan kol) mengacu bahwa cream puff terlihat seperti kol. Choux paste di Indonesia lebih dikenal dengan mana sus. Di Indonesia choux paste mempunyai tempat tersendiri di lidah kita karena sangat disukai. Sus memiliki isi yang sangat beragam. Dan dari kulit sus dapat dimodifikasi sehingga tercipta sus gaya baru. Tidak seperti puff pastry, adonan éclair. Choux paste lebih mudah dibuat. Adonan dapat disiapkan dalam beberapa menit. yang sering kita sebut kue sus, adalah salah satu dari jenis kue yang memerlukan perhatian khusus dalam teknik pembuatannya. Kue sus sangat fleksibel untuk di padu-padankan dengan berbagai macam isi seperti vla, diisi puddingice creamragout udang, selada buah atau dibuat sus kering dengan cara di oven dengan api kecil maupun digoreng. Dengan demikian kegagalan dalam membuat kue sus akan dapat teratasi, apabila diperhatikan pemilihan bahan dan teknik pembuatan yang baik dan benar.

Sumber: http://tokopastri.com/blog/pengetahuan-tentang-choux-paste-adonan-sus


5. Tahu Gejrot


Kuliner tahu gejrot berasal dari Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Kuliner ini berbahan dasar tahu gembos yang dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan kuah berwarna coklat dari gula merah.
          Merupakan salah satu kuliner asli Cirebon, Jawa Barat, yang banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Tak mengherankan, bila kemudian kuliner yang biasa disajikan di atas piring gerabah itu menjadi salah satu kuliner legendaris di Indonesia.
Bahan utama tahu gejrot adalah tahu gembos yang dihidangkan bersama kuah kecap, cabai rawit, bawang merah, dan gula merah. Selain murah dan mudah dalam pembuatan, salah satu makanan khas Cirebon ini memiliki aroma dan cita rasa unik.

Kekhasan dari makanan tradisional ini tidak hanya terletak pada bahan dan pelengkap sajiannya, wadah dan alat santapnya alami menggunakan biting (tusuk kecil terbuat dari bambu atau kayu). Namun, tidak banyak yang tahu sejarah kemunculan tahu gejrot yang biasa dijual di pikulan itu.

Budayawan Cirebon Nurdin M Noer menyampaikan, berdasarkan hasil pengumpulan data penulisan, terungkap bahwa dapur-dapur produksi (pabrik tahu gejrot) berada di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon.
Dia menuturkan, salah satu keterampilan boga ini berlangsung sejak zaman prakemerdekaan. Bahkan, hingga kini dapur-dapur pembuatan tahu gejrot masih tetap lestari dan berkembang secara tradisional.


Sumber: https://www.liputan6.com/regional/read/2610157/dari-mana-asal-nama-tahu-gejrot


6. Sambal Matah



Sambal matah disajikan mentah, tanpa dimasak maupun ditumbuk halus seperti sambal lainnya.Isinya berupa irisan beberapa jenis cabai. Ada cabai rawit merah, cabai rawit dan cabai merah keriting.Konon masyarakat Bali sangat menyukai makanan pedas. Oleh karena itu mereka membuat aneka masakan dengan percikan rasa pedas yang lebih menggigit. Sambal matah pun dibuat dengan campuran rawit merah, bukan hanya rawit hijau atau cabai merah keriting seperti sambal di daerah lain.Hampir dalam semua masakan Bali, sambal matah turut disajikan sebagai pelengkap yang paling dicari. Misalnya saja nasi campur bali yang terdiri nasi putih hangat ditemani oleh kacang goreng, sate tusuk, sate lilit, urap, lawar, tum ayam, pepes ikan, ayam sisit, udang bumbu bali, telur, ares, dan tentu saja sambal matah.
Sumber: https://beritagar.id/artikel/piknik/sedapnya-santap-sambal-matah-khas-bali
7. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

Sumber: http://hendra145.blogspot.com/2017/12/sejarah-pelecing-lombok.html


8. Doko-Doko Cangkuning



Hampir semua tempat jajanan kuliner khas selama Ramadan di Makassar‎, Sulawesi Selatan, menyajikan kue Roko-roko Cangkuning yang merupakan kue tradisional khas suku Bugis-Makassar. Orang Bugis biasa menyebutnya Doko-doko Cangkuning, sedangkan orang Makassar memanggil dengan sebutan Roko-roko Cangkuning. Kue ini identik dengan balutan daun pisang yang berbentuk kerucut. Kue Roko-roko Cangkuning dijual dengan harga seribu rupiah dan kue ini banyak sekali peminatnya.


9. Chicken Salad Hawaian



Chiken Salad hawaian adalah salah stu mkan yang berasal dri negara hawaii, Chiken Salad Hawaiian banyak di minati oleh wisatawan luar, selain Chiken Salad Hawaiian pada saat mengidangkan nya menggunakan kulit nanas/pinaeplle, Chiken Salad Hawaiian adalah makanan pembuka/appetizer dan juga bisa di jdikan menu utama/main course.sauce yang digunakan pada masakan ini adalah sauce mayonnaise, Chiken Salad hawaiian bayak disenangi bagi kaum wanita karena dapat digunakan untuk proses diet.Nah disini saya akan memberikan hsil msakan sya yaitu Chiken Salad Hawaiian.


10. Butter Cake



Butter Type cake adalah adonan cake yang dibuat dari mentega yang dikocok bersama gula hingga creamy. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Biasanya jenis butter type cake memiliki perbandingan yang sama antara lemak dan tepung terigu.
Sugar batter method merupakan cara membuat butter cake dengan cara mengkremkan lemak dengan gula hingga lembut terlebih dahulu, kemudian masukkan telur dan proses terakhir masukkan tepung terigu . Proses pencampuran dengan telur dilakukan dengan dua cara yaitu telur dimasukkan satu persatu dan pemisahan antara kuning telur dan putih telur. Putih telur tersebut disebut juga dengan meringue.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver