Daily activity #7 ( Indonesia ver)

Assalamualaikum...


Selamat datang kembali di blog harian saya, dan jangan bosan ya untuk membaca seluruh kegiatan saya, semoga bermanfaat juga untuk kita semua dan semoga dapat membantu untuk kita semua kedepannya, hari ini 12 Februari 2020 tepatnya hari Rabu dimana kita akan melakukan finishing dari prepare kemarin dan akan melakukan open restaurant sebanyak 30 PAX pada jam 11:00 WITA. Dengan menu rotasi 1,2.
Saya akan menjelaskan terlebih dahulu produk apa saja yang kami buat:

Macedoine of vegetable with mayonaise
Minestrone soup 
*
Fillet of fish sole meuniere
Bechamel sauce
Potatoe AU gratin
Glazed root vegetable
*
Choux ala creme

dan kelompok saya kali ini membuat fillet of fish sole meuniere, bechamel sc, potatoe au gratin, dan glazed root vegetable. yang dimana produk kali ini berperan sebagai main course dalam menu kali ini, setelah itu kamipun membagi beberapa kelompok untuk membagi tugas masing - masing dari anggota kelompok, yang dimana saya mendapatkan tugas untuk membuat bechamel sauce dan potatoe au gratin, tapi sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu bechamel sauce dan potatoe au gratin terlebih dahulu. 

Saus Béchamel atau saus putih adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Prancis. Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, dan biji pala. dan bechamel saus merupakan salah satu mother of sauce yang memiliki banyak turun hingga menjadi beberapa sauce - sauce lainnya, bechamel saus juga umunya digunakan sebagai sauce utama dari produk yang dibuat, yang biasanya juga digunakan sebagai dressing, atau hiasan tambahan dalam platting. 

 potatoe au gratin merupakan salah satu hidangan tradisional Perancis dari wilayah Dauphine yang terbuat dari irisan kentang mentah yang diiris tipis (setebal koin) yang dipadu dengan creambutter, keju dan bawang putih. Walaupun ada beberapa versi resep kuliner tradisional Perancis ini, namun pada dasarnya ada tiga kunci penting dalam proses pembuatannya yaitu irisan kentang, lapisan bawang putih dan pemanasan yang disesuaikan dengan tebal Gratin Dauphinois itu sendiri

Sejarah menu ini berawal pada tanggal 12 Juli 1788, kala itu Gratin Dauphinois disajikan oleh Charles Henry, Duke of Clermont-Tonnerer dan Letnan Jenderal Dauphine untuk para pejabat kota Gap yang sekarang disebut dengan Department of Hautes Alpes. Gratin Dauphinois merupakan salah satu makanan full kalori yang cukup mengenyangkan. Namun demikian, penyajiannya dapat dilengkapi dengan pendamping lainnya, seperti ayam tumis mentega ataupun berbagai olahan daging lainnya.


setelah seluruh makanan telah ready to plating, kamipun menerima orderan dari restaurant, lalu kamipun mengeluarkan produk sesuai captain order yang ada, setelah makanan sold out kamipun closing, dan beristirahat, setelah istirahat kamipun prepare bahan yang akan digunakan untuk esok hari. setelah prepared selesai kamipun melakukan general cleaning, setela itu kamipun pulang, 
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver