food terminology #3

OOD THERMINOLOGY

1. Sponge cake



Sponge cake adalah kue didasarkan pada tepung (biasanya gandum terigu), gula , dantelur , kadang-kadang beragi dengan baking powder yang memiliki perusahaan, namunstruktur baik diangin-anginkan, mirip dengan spons laut .
Sebuah kue bolu dapat diproduksidengan baik metode adonan, atau metode busa .
Typicially metode adonan di AS dikenalsebagai mentega atau kue pon , sementara di Inggris ini dikenal sebagai kue Madeira atauVictoria sponge cake . Menggunakan metode busa kue mungkin hanya dikenal sebagai kuespons atau di Inggris kadang-kadang dibawa spons, bentuk-bentuk kue yang umum di Eropaterutama di Perancis toko kue .
Kue spons dianggap salah satu yang pertama non-yeasted kue,dan spons awal resep kue direkam dalam bahasa Inggris adalah dibuktikan ke buku 1615 dari penyair Inggris dan penulis Gervase Markham berjudul;
Derivatif ide sponge cake dasar termasuk Amerika kue sifondan Amerika Latin Tres kue leches . Kue spons adalah variasi pada yang disebut di panciSpagna ('roti dari Spanyol' secara harfiah), kue diciptakan oleh Giobatta Cabona (koki dariGenoa pada layanan Genoa duta besar di Spanyol, Marquis Domenico Pallavicini) padakesempatan jamuan makan, di mana ia menyajikan kue ringan luar biasa yang mengambilnamanya untuk menghormati pengadilan Spanyol.
source:https://www.scribd.com/doc/78377477/Sponge-Cake2

2. Pelencing sayur




Kuliner khas Lombok yang aku coba saat berpergian ke Lombok adalah plecing kangkung. Biasanya disajikan bersama ayam Taliwang. Sepintas tampak seperti kangkung sambal asam makanan khas Cirebon yang biasa aku temukan di dekat rumahku. Namanya juga plecing kangkung artinya bahannya menggunakan kangkung sebagai bahan utamanya. Kangkungnya direbus dengan sambal tomat. Sambal tomat merupakan campuran cabe rawit, garam, terasi dan tomat. Ada tambahan sayuran berupa toge, kacang panjang dan kacang tanah goreng.Perlu diketahui kalau kangkungnya di sini beda dengan kangkung dari daerah lainnya. Kangkung di Lombok ini biasa ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu dan membuat kangkungnya mempunyai batang besar yang renyah, lembutd an tak keras. Selain itu terasi yang dipakai adalah terasi Lengkare dengan rasa gurih dan manis.Kacang tanah goreng yang digunakan untuk menetralisasi rasa pedas dan penyeimbang rasa.
Plecing kangkung dengan bahan utamanya kangkung punya banyak zat gizinya. Serat 1,2 gr,kalsium 50 mg,fosfor 51 mg dan zat besi 3,5 mg. Dan tauge yang dipakai mengandung serat 19 gr, kalsium 52 mg, fosfor 73 mg.Terasi terbuat dari udang kering dengan protein sebanyak 62,6 gr. Dimana mineral-mineral di atas sangat dibutuhkan dalam metabolisme di dalam tubuh manusia.

source:https://www.kompasiana.com/hastira/57605b3fc423bd80153ba440/plecing-kangkung-kuliner-khas-lombok
3. spaghetti carbonara





Spaghetti carbonara merupakan salah satu dari beragam jenis Italian food yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Pada umumnya, orang di Indonesia mengenal spaghetti carbonara sebagai menu berbahan dasar pasta yang disirami saus super creamy dengan potongan daging asap.

Di Italia, spaghetti carbonara dikenal sebagai makanan rakyat pedesaan yang sederhana. Baik dari bahan-bahannya maupun cara pembuatannya, semua diperoleh dan diolah secara ‘apa adanya’. Empat bahan utama untuk membuat saus spaghetti carbonara ialah pancetta atau bacon, telur, keju, dan lada hitam. Ternyata, orang Italia tidak menggunakan krim dalam pembuatan saus spaghetti carbonara original¬-nya selama ini. Tekstur creamy yang terdapat pada menu carbonara khas mereka diperoleh dari telur kocok yang dicampurkan dengan pasta panas tanpa dimasak di atas wajan.

source:https://www.dapurkejuprochiz.com/tips/spaghetti-carbonara-original-italia
4. pancake





Pancake adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal Usul Pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau Peradaban Romawi Kuno. Awalnya pancake ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti “makanan manis”, yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

ambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

setelah itu pancake berkembang ke nagara German, pancake dibuat dari kentang dengan sebutan "pfannkuchen" tekturnya lebih padat daripada pancakepada umumnya. Di finlandia juga ada pancake yang juga terbuat dari kentang dengan nama "boxty".

source:http://www.campaniarestaurant.com/asal-usul-pancake-si-kue-dadar-manis-dan-lezat/
5. Cereal





Sarapan sereal adalah salah satu makanan yang paling populer di dunia dan dinikmati oleh ratusan juta masyarakat setiap hari . Tapi seperti banyak dari kita diet itu hampir tidak se sulit yang kalian bayangkan. Sarapan sereal pertama diciptakan pada tahun 1863. Disebut Granula , tidak pernah menjadi populer karena nugget harus direndam semalam agar dapat di kunyah . ada berbagai sereal yang tersedia , sering di temui di seluruh lorong supermarket . Bisnis sereal terus berkembang keuntungan besar dan basis pelanggan besar yang mencakup semua orang dari kalangan masyarakat untuk diet atau menjadi vegetariann mereka sadar akan kesehatan . Ini semua tentang sarapan sereal..


Sereal dingin adalah salah satu makanan sarapan paling populer untuk rumah tangga Amerika. Bahkan, 50 persen orang Amerika mulai hari-hari mereka dengan sereal. Dan tergantung pada jenis yang Anda pilih, merek yang tepat dapat memasok tubuh Anda dengan jumlah yang sehat nutrisi untuk memulai hari kalian.
Sedangkan makanan ini masuk Eropa justru bermula karena Raja Francis I mengalami sakit diare hebat tahun 1542. Sebagai rekan dekat, Sultan Suleiman yang Agung dari Kerajaan Ottoman mengirimkan tabib ke Prancis untuk menyembuhkan, dan obat yang diberikan merupakan yogurt.


souce:https://petramarktown.weebly.com/articles1/9-fakta-tentang-sereal
6. yogurt





Camilan sehat satu ini pertama kali ditemukan oleh para penggembala sekitar 5.000 tahun sebelum masehi. Pengembala tersebut terbiasa menyimpan cairan di dalam kantong yang terbuat dari lambung domba. Salah satu cairan tersebut merupakan susu. Ketika melakukan perjalanan, kantung berisikan susu itu ditaruh di punggung unta.

Kata yogurt sendiri berasal dari Turki yang menyebut 'yogurtmak' yang artinya adonan, ini sepertinya karena melihat tekstur yang seperti adonan

Setelah itu, pemanfaatan yogurt pun semakin berkembang. Tahun 1072 Bangsa Turki bahkan menjadikan camilan ini obat diare dan makser untuk menjaga kulit setelah terpapar sinar matahari.

source:https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/17/12/15/p0ztox328-sejarah-yogurt-dimulai-tak-sengaja-oleh-penggembala
7. potato au gratin






Potato gratin merupakan salah satu kondimen yang populer di dalam dunia kuliner eropa. Biasanya dijadikan sebagai pengganti kentang goreng (pommes frittes) dan memiliki cita rasa yang cenderung gurih dikarenakan kandungan krim dan susu di dalamnya.
Dalam dunia kuliner, istilah “Gratin” dimaksudkan untuk membuat permukaan sebuah hidangan menjadi kecoklatan dengan cara dipanggang atau dibakar dengan menggunakan blowtorch.
pe,buatan potato au gratin juga sangan mudah dan fleksibel.Kita dapat menambahkan potongan blanched broccoli (brokoli yang sudah direbus dalam air mendidih selama 1 menit), potongan bacon, ham atau jamur yang sudah dipotong tipis-tipis.
Source:https://soulfoodtogo.wordpress.com/2010/04/06/potato-au-gratin/
8. spaghetti bolognese






spaghetti bolognese adalah makanan asal italia dimana pasta di masak dengan saut tomat atau tomato puree, lalu di campur dengan daging cincang. Di Italia sendiri Spaghetti Bolognese tidak begitu populer keberadaannya. Orang Italia lebih mengenal olahan Ragù alla Bolognese, yaitu saus daging yang dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Ragù sendiri diciptakan oleh Alberto Alvisi pada abad ke-18. Setiap ragù terdiri dari banyak bahan yang bervariasi sesuai dengan masing-masing wilayah yang membuatnya. Ragù 'alla bolognese' hanyalah satu dari banyak varian ragù yang dihidangkan di Italia. Ragù alla Bolognese yang merupakan makanan tradisional masyarakat Bologna, Italia ini biasa disajikan dengan Tagliatelle, sejenis pasta berbentuk pipih lebar mirip pita.

source:https://www.sisternet.co.id/read/281209-ternyata-bukan-asli-dari-italia-inilah-fakta-seputar-spaghetti-bolognese
9. ayam goreng






tidak ada negara pasti yang menjadi pelopor ayam goreng tapi para sejarahwan percaya jika bangsa Skotlandia dan Mesir kuno memiliki andil besar dalam penciptaannya. Sekitar tahun 7500 hingga 5000 sebelum Masehi, daging ayam diolah dengan cara direbus seperti yang berkembang di China, Timur Tengah, dan Afrika Barat.Penyebaran ayam goreng beralih ke Yunani dan Mediterania. Lalu orang-orang Skotlandia membawa ayam goreng ini ke Amerika Serikat

Perkembangan ayam goreng ini menjurus pada penggolongan terhadap kelompok tertentu seperti Budak dari Afrika Selatan yang dilarang memiliki babi dan hewan lainnya kecuali ayam. Menu ayam goreng ini juga diidentikkan sebagai makanan dari ras kulit hitam sehingga pada abad ke-19 banyak yang mencibir jika orang negro akan mati jika dipisahkan dari ayam goreng.

Pada tahun 1939, ayam goreng krispi ini dijual di restoran Corbin, Kentucky, tapi gagal dan sepi peminat. Namun di usia 65 tahun, dia menjual lagi resep ayam goreng ini dengan nama Kentucky Fried Chicken dan sukses. Tercatat pada tahun 1964, sudah ada 600 cabang Kentucky Fried Chicken

source:https://www.cakapcakap.com/simak-begini-sejarah-perkembangan-ayam-goreng-dari-awal-diciptakan/
10. soto ayam





Dijelaskan, istilah “soto” merujuk dari salah satu jenis makanan Cina yang dalam dialek Hokkian disebut cau do, jao to, atau chau tu, yang artinya jeroan dengan rempah-rempah. Di Indonesia, soto pertamakali dikenal di pesisir pantai utara Jawa pada abad ke-19 Masehi, yakni masakan berkuah dengan potongan daging ataupun jeroan. Denys Lombard dalam buku Nusa Jawa 2: Silang Budaya Jaringan Asia (1996) mendukung tesis tersebut. Dituliskan oleh Lombard, para imigran dari Cina sudah banyak yang ikut serta dalam kegiatan produksi di pesisir Jawa, salah satunya dengan membuka rumah makan atau restoran, sejak abad ke-18 Masehi.

Bahkan, lanjut Lombard, usaha kuliner yang dirintis oleh orang-orang Tionghoa, terasuk peranakan, cukup mendominasi kala itu. Bukan cuma berbentuk warung atau restoran, tidak sedikit dari mereka yang berjualan dengan berkeliling menggunakan gerobak atau pikulan. Dari sinilah soto mulai dikenal oleh masyarakat Nusantara, dijajakan dengan menggunakan gerobak atau pikulan. Soto kala itu disajikan dengan mangkuk keramik dan sendok sup atau sendok bebek. Mulanya, sesuai dengan sajian di Cina sana, soto memakai daging babi. Namun, karena di Nusantara kala itu sudah banyak yang memeluk Islam, maka orang-orang Tionghoa menggantinya dengan daging ayam, sapi, bebek, atau kerbau, hingga jeroannya. “Beberapa muslim saleh yang menolak makanan Cina karena ada risiko bahwa daging yang dimasak dan minyak yang digunakan di situ berasal dari babi,” tulis Lombard dalam bukunya.
source:https://tirto.id/sejarah-asal-usul-dan-ragam-varian-soto-di-indonesia-eehQ

Komentar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver