food terminology #4

1. Sate

Sate adalah makanan yang populer di Indonesia. Jika ada acara-acara besar, pasti ada sate dalam salah satu menu makanannya. Sate juga ada di berbagai negara. Ada yakitori di Jepang, brochete di Perancis, dan chuanr di Tiongkok. Di Malaysia dan Thailand pun juga ada sate.

Pada abad ke-19, banyak pedagang Muslim Tamil dan Gujarat yang datang ke Indonesia. Para pedagang India tersebut membawa serta olahan daging kambing bakar yang disebut kebab. Tadinya, masyarakat Indonesia memasak daging dengan cara direbus. Tapi setelah mengenal kebab, masyarakat Indonesia jadi suka makan daging sapi atau kambing dengan cara dibakar.

Kata sate pun diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai yang artinya daging. Sate pun makin berkembang di seluruh Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki menu sate yang khas. Sate juga menyebar sampai ke Selat Malaka, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Rupanya pada abad tersebut ada perantau dari Jawa dan Madura yang menjual sate di sana. Pada akhir abad 19, sate pun menyebar sampai ke Afrika Selatan. Di sana, sate disebut sosatie.

Source by : https://bobo.grid.id/read/08773848/asal-usul-sate-serta-cerita-unik-antara-sate-dan-presiden-soekarno?page=all

2. pancake

Pancake adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal Usul Pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau Peradaban Romawi Kuno. Awalnya pancake ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti “makanan manis”, yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

ambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

setelah itu pancake berkembang ke nagara German, pancake dibuat dari kentang dengan sebutan "pfannkuchen" tekturnya lebih padat daripada pancakepada umumnya. Di finlandia juga ada pancake yang juga terbuat dari kentang dengan nama "boxty".

source:http://www.campaniarestaurant.com/asal-usul-pancake-si-kue-dadar-manis-dan-lezat/


3. Onde-onde

Onde-onde sebetulnya sudah ada sejak zaman dinasti Tang di China dan menjadi kue resmi daerah Changan/Xian. Sebagian besar pedagang dan pendatang dari China membawa makanan tradisional ini ke wilayah China bagian selatan hingga ke Asia selatan. Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi bubuk kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.
Sumber : https://goformyblog.wordpress.com/2012/11/19/sejarah-dan-resep-onde-onde/
https://id.wikipedia.org/wiki/Onde-onde

4. Nasi Liwet

Opor ayam adalah hidangan yang terdiri dari ayam yang dimasak dengan santan dari Indonesia, terutama dari Jawa Tengah. Campuran bumbu meliputi lengkuas, serai, kayu manis, jus asam, gula aren, ketumbar, jintan, kemiri, bawang putih, bawang merah, dan lada. Opor ayam sudah ada sejak masa kerajaan, sebelum Islam masuk ke Nusantara. Masakan ayam dengan kuah santan yang kemudian disebut opor ayam ini menjadi persembahan rakyat pada raja.
Sumber : https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Opor_ayam&prev=search
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180612224018-262-305704/kisah-opor-dan-ketupat-dari-blusukan-hingga-simbol-maaf

5. Panada

Panada adalah salah satu kue khas Manado yang populer selain klappertaart. Ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Belanda,ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Portugiskarena bentuknya yang mirip kue pastel. Akan tetapi, diyakini kue ini merupakan pengaruh kuliner Spanyolkarena sangat mirip dengan kue Empanada. Kue ini berupa kue pastel yang diisi dengan ikan laut cakalangdibumbu panpis. Bumbu panpis adalah ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi,cabe merah, daun bawang, sedangkan ikannya disuir kecil-kecil. Pembuatan panada terdiri atas bahan dan isi, kemudian digoreng dalam minyak hangat. Sejarah Panada sendiri konon telah ada sejak pendudukan bangsa Portugis yang pernah menjajah tanah Minahasa. Panada oleh bangsa Portugis biasa disebut empanada.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Panada
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/panada-kue-lezat-peninggalan-bangsa-portugis-di-manado

6. Otak-otak

Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari daging tengiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Makanan ini dinamakan otak-otak karena teksturnya. Konon, warnanya yang putih dan teksturnya yang lembut membuat makanan ini menyerupai otak. Alhasil, orang-orang menyebutnya dengan otak-otak. Otak-otak sebenarnya sudah ada dan populer sejak lama di daerah pulau Sumatera dan sekitarnya, seperti Kepulauan Riau, Palembang, dan Bangka Belitung. Di Singapura dan Malaysia, otak-otak juga terkenal. Namun, di setiap daerah memiliki keunikan masing-masing, terutama pada sausnya.
Sumber : https://bobo.grid.id/read/08678257/kenapa-makanan-ini-dinamakan-otak-otak?page=all
https://id.wikipedia.org/wiki/Otak-otak

7. Siomay

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. siomay berasal dari negeri Tiongkok, khususmnya di Mongolia Dalam.
Siomay awalnya hanyalah salah satu menu yang terdapat dalam makanan Dim Sum. Siomay pun dibuat dengan cincangan daging yang dibaluti oleh kulit pangsit. Siomay bisa masuk ke Indonesia karena adanya percampuran budaya Indonesia dengan Tiongkok.Namun ternyata siomay di Indonesia, berubah bentuk, karena isinya bukan lagi daging , melainkan ikan tenggiri, udang, ataupun ayam. Siomay juga disajikan dengan tambahan makanan, seperti kentang, kol, pare, tahu, telur, dan lain-lain.
Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/51cd23831ed7194e2b00000b/mengenal-sejarah-siomay/
https://www.pegipegi.com/travel/sejarah-siomay-bagian-dimsum-yang-super-lezat/

8. Es Palu Butung

Image result for Es Palu Butung
Es Palu Butung merupakan hidangan khas Makassar yang juga menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan pisang berbalut adonan berwarna hijau pada Es Pisang Ijo, pisang dalam hidangan Es Palu Butung justru dipotong-potong seperti pada hidangan kolak.
Pada dasarnya, Es Palu Butung adalah hidangan yang sangat sederhana. Selain pisang, es ini menggunakan bahan semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan santan sehingga rasanya gurih. Tambahan es serut serta susu kental manis di atasnya semakin memberi rasa nikmat.
Di Makassar dan sekitarnya, Es Palu Butung ini sangat mudah ditemui apalagi saat bulan Ramadhan. Hidangan es ini menjadi salah satu menu berbuka favorit warga Makassar, karena selain menyegarkan juga mengenyangkan.
Sumber : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/es-palu-butung

9. Pie

Pie, yaitu pastry yang sangat berkembang di Amerika Serikat. Hidangan ini ditemukan pada zaman mesir kuno. Pada zaman romawi dan abad pertengahan pie digunakan untuk membungkus isian berupa daging dan bahan lainnya pada saat dimasak agar tetap lembab. Seiring dengan perkembangannya kulit pie di modifikasi sedimikian rupa dan dapat dikonsumsi. Karena keunikan itu pie ini akhirnya menyebar ke seluruh Eropa hingga Inggris. Karena perkembangan itu sehingga munculah berbagai isian pie yang sangat beragam seperti isian buah-buahan.
Sumber : http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/04/sejarah-awal-mula-pie-dan.html

10. Potato au Gratin

Potato au Gratin merupakan salah satu kondimen yang popular di dalam dunia kuliner Eropa. Biasanya disajikan sebagai pengganti kentang goring dan memiliki cita rasa yang cenderung gurih dikarenakan kandungan krim dan susu didalamnya.

          Etimologi Gratin berasal dari bahasa Prancis dimana kata gratter berarti "mengikis" pada roti, keju, atau gratin, dari bentuk kata kerja transitif dari kata untuk kerak atau kulit. Teknik ini mendahului nama yang saat ini tidak muncul dalam bahasa Inggris sampai 1846 ( OED, S.V "Gratin" ).

         Istilah Legatin menandakan "kerak atas" masyarakat Paris. Orang Paris menyebut teknik ini dengan sebutan Scalloping, sedangkan di Amerika Utara sebagai kentang bergigi.

Sumber : http://enacademic.com/.dic.nsf/enwiki/1909162

Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver