Daily Activity #12 (indonesian Ver)

assalamualaikum...

hai guys kembali lagi dengan saya, disini saya akan menceritakan seluruh kegiatan yang saya dan teman - teman saya lakukan dikitchen polteknik pariwisata makassar, dan semoga apa yang saya tuliskan dapar bermanfaat bagi kita semua kedepannya, jadi pada tanggal 13 dan 14 februari 2020 tepatnya pada hari rabu dan kamis, saya dan teman - teman saya melakukan MID tengah semester.

pada hari rabu dan kamis kami kelompok 1 & 2 merupakan jadwal MID semester kami. selama 2 hari kami kembali ke pelajaran Basic yang telah kami pelajari sebelumnya yang dimana Materi MID kali ini membuat Sauce Dan Bakery. pada hari rabu kami disuruh berkumpul dibelakang kitchen untuk oneline dan melakukan mengabsenan serta pemeriksaan Grooming, setelah melakukan itu kamipun kembali diberkumpul didalam kitchen, setelah itu dosen kami mam sury kembali membagi kelompok yang hanya terdiri 2 orang dalam 1 kelompok.

setelah pembagian kelompok mam sury juga memberitahu produk apa saja yang akan dibuat disetiap kelompok yang dimana produk yang akan kami buat adalah white stock, brown stock, Hollandaise sc, bearnaise sc, mayonnaise sc, french bread, hard roll, soft roll, dsb. dan kebetulan kelompok saya mendapatkan bearnaise sc, dan french bread. lalu saya dan teman sayapun membagi tugas saya yang akan membuat bearnaise sc, dan teman saya membuat french bread.

sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu bearnaise sauce, adalah salah satu sauce yang merupakan turunan dari holandaise sauce yang dimana holandaise ini merupakan 1 dari 5 mother of sauce, yang dimana saus ini menjadi kental karena adanya emulsi yang membuat mentega cair dan air dalam jus jeruk atau cuka tercampur dan mengental, Temperatur saus ini harus dijaga agar selalu di bawah 60 °C agar telur dalam saus tersebut tidak menjadi dadih. yang membuat hollandaise dan bearnaise berbeda adalah pada saat proses rejuice bearnaise menggunakan shallot dan juga ditambahkan dengan tarragon mint, sedangkan hollandaise tak menggunakan bahan tamba tersebut, itulah mengapa bearnaise ini disebut turunan dari hollandaise. 

setelah membuat bearnaise sc kami diberi tugas untuk mereview produk yang kami buat kepada sir aca, setelah review kamipun melakukan gc dan melanjutkan esok hari. keesokkan harinya seperti biasa kami melakukan oneline dibelakang kitchen untuk melakukan mengabsenan dan pengecheckan grooming dan kembali berkumpul didalam kitchen untuk melakukan kembali membagian produk yang akan dibuat hari ini (kamis), dan kelompok saya membuat produk bakery yaitu hard roll dan soft roll bagi kalian yang belum tahu apa itu hard roll dan soft roll kalian bisa melihat kembali di blog saya sebelumnya. 

dan kebetulan saya membuat hard roll dan teman saya soft roll, hard roll sendiri merupakan roti yang unrich yang dimana tidak menggunakan bahan tambahan seperti mik, chocolate, jam, dsb. karena tidak kaya akan gizi itula kenapa hard roll masuk di unric bread. saya akan menjelaskan cara membuat hard roll.


hard roll

bahan; 

hard flour 300gr
butter 200gr
yeast 5gr
sugar 7gr 
salt 7gr
butter 7gr (untuk shortening) 
egg white 7gr 
water 100ml

cara membuat: 

- campurkan semua bahan kering, lalu aduk hingga rata. 
- setelah tercampur rata turunkan butter dan juga egg white, ratakan kembali 
- setela itu turunkan air sedikit demi sedikit lalu uleni adonan hingga kalis
- setelah kalis diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit 
- setelah adonan mengembang 2x lebih besar 
- ukur porsi adonan (60gr / porsi) 
- setelah adonan di ukur bentuk adonan lalu diamkan kembali selama 15 menit 
- setelah adonan kembali mengembang masukkan ke dalam oven dengan suhu 250-300'c selama 10 - 20 menit. 
- setelah itu keluarkan adonan. 

 setelah saya membuat hard roll sayapun kembali mereview produk yang saya buat di sir aca, setela itu kamipun melakukan GC (general Cleaning) setelah itu kamipun pulang. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily activity #8 (indonesia ver)

Daily Activity #11 (indonesia ver)

daily activity #10 (English ver